Obat Herbal Asam Urat dan Rematik

Obat Herbal Asam Urat dan Rematik

Mencari Obat herbal asam urat

Faktanya obat herbal asam urat dan rematik banyak kita jumpai pada apotik dan toko obat sekitar kita. Dengan demikian tidak susah untuk kita memilih dan membeli obat herbal asam urat yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Keberadaan obat herbal asam urat ini menunjukkan bahwa obat herbal sudah luas keberadaannya pada sekitar kita. Dan kesadaran masyarakat untuk menggunakan obat herbal juga meningkat. Maka tidak hanya obat kimia saja yang menjadi pilihan masyarakat dalam menentukan obat untuk asam urat dan rematik.

Sebenarnya ada banyak jenis tumbuhan yang berguna sebagai bahan baku pembuatan obat asam urat dan rematik. Dan tumbuhan tersebut antara lain adalah piper nigrum fructus , hedyotis corymbosa herba , curcuma xanthorrhiza rhizome , sconchus arvensis folium , andrographis paniculata herba dan sida rhombifolia herba.

Asam urat rematik nyeri sendi dan otot

Asam urat, rematik, nyeri sendi dan nyeri otot atau pegal linu sering menyerang sebagian besar orang. Dan keluhan atau penyakit semacam ini sudah tidak asing bagi masyarakat. Kemudian pada umumnya mereka mencari solusi untuk mengatasi masalah ini dengan meminum atau mengkonsumsi obat.

Solusi yang aman antara lain adalah dengan mengkonsumsi obat herbal selain obat kimia dan berpantang terhadap makanan tertentu.

Alhamdulillah sudah banyak obat herbal yang produk dalam negeri. Salah satu di antara obat herbal tersebut adalah “Naturatik” yang diproduksi oleh CV Naturafit dari Sragen. Obat herbal ini cukup terjangkau harganya dengan kualitas obat yang cukup baik dan memuaskan.

Naturatik” ini dapat menyembuhkan asam urat, rematik, nyeri sendi , nyeri otot dan pegal linu.

Jangan sembarangan minum obat

dikutip dari hellosehat.com

Sudah cukup banyak penelitian yang melaporkan manfaat beberapa obat herbal untuk mengatasi asam urat. Namun, Anda tetap harus periksa dan konsultasi ke dokter sebelum menggunakan obat apapun. Anda juga bisa meminta rekomendasi dokter mengenali obat herbal atau suplemen apa yang aman Anda konsumsi untuk kondisi asam urat Anda.

Jika dokter sudah memperbolehkan Anda untuk minum obat tradisional, jangan menggunakannya sebagai satu-satunya pengobatan asam urat. Pada dasarnya obat alami bukanlah obat paten yang pasti menyembuhkan asam urat.

Pengobatan asam urat tetap harus dengan obat medis. Obat herbal fungsinya hanya sebagai terapi komplementer, untuk meredakan gejala asam urat dan meningkatkan kesehatan tubuh secara holistik.

Ingat untuk selalu memeriksa informasi seputar cara pakai, penyimpanan, dan dosis takaran obat herbal.

Apabila Anda tidak yakin apakah obat herbal yang Anda gunakan aman atau tidak, cek di situs http://cekbpom.pom.go.id/. Pastikan obat herbal Anda telah terdaftar dan teruji keamanannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

==> sumber : hellosehat.com

Beberapa obat herbal asam urat dan rematik

Berikut beberapa contoh obat herbal yang sudah pernah diteliti secara medis manfaatnya untuk asam urat.

1. Jahe

Jahe adalah tanaman herbal yang salah satu manfaatnya adalah sebagai obat pereda nyeri asam urat alami, ungkap studi dalam jurnal Annals of Biological Research. Manfaat ini datang dari zat aktif antiradangnya, yaitu gingerols dan shogaol.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa efek antinyeri jahe lebih unggul dari obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti paracetamol atau ibuprofen.

2. Cuka apel

Sebagain orang percaya bahwa keasaman cuka apel dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan asam urat.

Sementara itu, sebuah penelitian di Jepang tahun 2010 menemukan bahwa cuka apel dapat meningkatkan alkalinitas (kebasaan) tubuh. Kadar pH tubuh yang bersifat basa kemudian turut memengaruhi kadar pH cairan urine.

3. Biji seledri

Seledri sering bermanfaat sebagai obat tradisional untuk mengobati masalah kandung kemih. Namun, ekstrak biji seledri kini juga dipercaya sebagai obat herbal untuk meredakan sakit asam urat

Biji seledri mengandung senyawa aktif seperti luteolin dan 3-n-butylphthalide (3nB). Menurut penelitian kedua senyawa ini bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan mengendalikan produksi asam urat.

4. Tanaman jelatang

Tanaman jelatang (urtica dioica) , adalah tanaman herbal yang oang percaya dapat menjadi obat herbal alami untuk asam urat.

Menurut Arthritis Foundation, sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa ekstrak tanaman jelatang mengandung zat antiradang bernama hox alpha. Hox alpha  dapat menekan pelepasan sitokin yang memicu peradangan pada persendian.

Jelatang (Stinging nettle) juga kaya akan kalium, kalsium, dan magnesium.

Meski demikian, masih belum jelas keabsahan manfaat tanaman jelatang sebagai obat alami untuk asam urat.

5. Bunga dandelion

Dari Healthline, teh herbal atau ekstrak bunga dandelion  bisa menjadi obat asam urat alami.

Penelitian tahun 2016 dari jurnal Reinal Failure menemukan bahwa bunga dandelion dapat menurunkan kadar asam urat pada mereka yang berisiko sakit ginjal.

Namun hal ini belum pasti kebenarannya secara medis. Sehingga masih perlu banyak penelitian lagi untuk memastikan manfaat bunga dandelion untuk mengatasi asam urat.

6. Kunyit

Curcumin adalah senyawa kimia antiradang dalam kunyit yang membantu meredakan peradangan.

Studi yang diterbitkan tahun 2019 oleh jurnal Arthritis Research & Therapy mendapati bahwa curcumin dapat menekan protein yang disebut faktor nuklir-kappa B (NF-kappa B) dalam uji coba hewan.

Protein NF-kappa B adalahh zat yang menghasilkan peradangan dalam tubuh. Maka ketika produksi protein tersebut berkurang, peradangan akibat dari pengkristalan asam urat pada sendi pun dapat mereda.

7. Kembang sepatu

Banyak yang meyakini bahwa kembang sepatu atau hibiscus dapat menjadi obat alami pereda asam urat.

Menurut penelitian dari Journal of Functional Foods tahun 2012, kadar asam urat pada tikus yang diberikan ekstrak kembang sepatu menurun cukup signifikan.

Ada yang mengkonsumsi kembang sepatu dengan cara memakannya atau juga meminumnya sebagai teh. Akan tetapi, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas penggunaannya sebagai obat asam urat alami pada manusia.

8. Brotowali

Melansir studi ulasan dari Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry pada tahun 2017, ekstrak jus batang brotowali dapat menjadi obat herbal alami untuk asam urat. Beberapa meyakini bahwa brotowali dapat membantu menetralkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, penelitian tahun 2014 dari Journal Clinical and Evaluation Research menunjukkan brotowali dapat menjadi obat pereda nyeri alami untuk serangan asam urat setelah diujicoba pada tikus. Tetapi namun sayang, belum ada penelitian pada manusia.

Konsultasi ke dokter untuk penggunaan lebih lanjut.

9. Meniran hijau

Menurut Kidney Atlas, meniran hijau yang populer sebagai obat herbal untuk batu ginjal dan batu empedu juga bisa untuk mengatasi asam urat.

Faktanya ada yang percaya bahwa meniran hijau dapat menghambat produksi asam urat berlebih dalam tubuh, sekaligus memecah dan membilas penumpukan kristal asam urat. Maka dengan begitu, obat alami ini dapat mencegah terjadinya serangan asam urat.

Akan tetapi, konsultasikan dulu pada dokter sebelum menggunakan obat tradisional ini untuk mengatasi asam urat. Pasalnya, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa meniran hijau benar-benar ampuh dan bebas efek samping.

Post Berkaitan

9 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *