Obat Asam Urat di Apotik

Membeli Obat Asam Urat di Apotik

Jenis-Jenis Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat di apotik menjadi pilihan bagi masyarakat pada umumnya untuk mendapatkan obat yang mereka butuhkan. Berbagai jenis obat dapat kita temukan pada apotik, Kebanyakan di antara obat tersebut adalah berbahan baku kimia.

Di apotik kita dapat menemukan dengan mudah berbagai jenis obat asam urat yang kita butuhkan. Tetapi kebanyakan dari obat itu berbahan baku kimia.

Semua kembali kepada konsumen untuk menjatuhkan pilihannya apakah akan mengkonsumsi obat kimia atau obat herbal.

Bagaimana menentukan untuk membeli obat

Untuk membeli obat kimia seharusnya dengan resep dokter. Karena dokter lebih mengetahui jenis obat dan dosis yang tepat untuk setiap pasiennya setelah melalui pemeriksaan.

Apotik biasanya menjual dan menyediakan berbagai obat kimia yang konsumen dapat membelinya secara bebas. Walaupun begitu konsumen dapat membeli beberapa tanpa resep dokter. Maka menjadi kewajiban kita untuk selalu berhati-hati dan tidak sembarangan dalam memilih obat untuk dikonsumsi.

Selalu membaca petunjuk pemakaian sebelum mengkonsumi obat apapun. Obat kimia dan obat herbal masing masing memiliki dosis dan aturan penggunaan. Salah dalam meminum obat dapat berakibat fatal bagi tubuh kita.

Masing-masing orang memiliki kekebalan tubuh yang berbeda. Beberapa obat dapat mengakibatkan alergi bagi sebagian orang.

Jangan mudah mengkonsumsi obat kimia secara berganti-ganti. Banyak obat asam urat apotik yang dapat kita pilih.

Berikut adalah daftar obat asam urat di apotik yang ampuh mengatasi asam urat (sumber : www.honestdocs.id)

1. Obat Asam Urat Meloxicam

Meloxicam adalah salah satu obat antiinflamasi nonsteroid. Obat ini umumnya berguna untuk meredakan gejala-gejala arthritis dan asam urat, misalnya peradangan, pembengkakan, serta kaku dan nyeri otot. Obat ini berguna pada kondisi Gout yang bersifat akut.  Contoh penyakit radang persendian yang biasanya cocok dengan meloxicam adalah osteoartritis, rheumatoid arthritis, dan lain-lain.

Obat ini bekerja dengan menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin, yaitu senyawa yang keluar dari tubuh yang menyebabkan rasa sakit serta reaksi radang. Dengan menghalangi prostaglandin, obat ini akan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Penggunaan obat ini dapar berefeksamping berupa luka pada lambung sehingga sebaiknya meminumnya setelah makan dan tidak menggunaannya dalam jangka waktu lama.

2. Allupurinol

Allupurinol adalah obat yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Mekanisme kerjanya yaitu memecah kristal asam urat pada sendi tubuh. Penggunaan obat ini sebaiknya tidak saat fase akut karena akan mengakibatkan nyeri hebat. Manfaat dari Allupurinol adalah untuk mencegah asam urat dan pembentukan batu ginjal tertentu dengan menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Allopurinol juga dapat mencegah peningkatan kadar asam urat pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

3. Piroxicam

Piroxicam adalah obat yang termasuk golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID), obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan sendi akibat arthritis.

Obat ini juga sering berguna untuk mengobati encok atau asam urat. Cara kerja piroxicam adalah dengan menghalangi produksi zat tertentu pada tubuh Anda yang mengakibatkan peradangan.

Penggunaan obat ini dapat berefeksamping berupa luka pada lambung sehingga sebaiknya meminumnya setelah makan dan tidak menggunaannya dalam jangka waktu lama.

4. Dexametason untuk Asam Urat

Obat dexamethasone adalah obat yang tergolong dalam kelompok obat steroid. Dalam kondisi tertentu, peradangan (inflamasi) dapat menyebabkan sistem imun tubuh menjadi terlalu aktif. Jika terus terjadi hal ini dapat merusak jaringan-jaringan tubuh.

Sehingga obat steroid seperti dexamethasone berguna untuk membantu menghambat respon sistem imun tubuh terhadap peradangan sehingga membantu mencegah kerusakan jaringan. Salah satunya obat ini berguna untuk mengatasi masalah radang pada penderita asam urat.

Efek samping terberat dari penggunaan steroid jangka panjang yaitu Cushing Syndrome yaitu pembengkakan tubuh terutama wajah serta gagal ginjal. Sehingga penggunaanya harus berkonsultasi dengan dokter.

5. Ketoprofen

Ketoprofen adalah obat golongan antiinflamasi non steroid yang memiliki efek anti nyeri, anti radang dan anti demam. Pada umumnya konsumen menggunakan obat ini untuk mengatasi nyeri dan radang pada reumatoid artritis, osteoartritis, asam urat, nyeri paska operasi, nyeri paska melahirkan, nyeri haid, nyeri punggung dan nyeri pinggang.

Obat ini termasuk obat resep sehingga Anda hanya bisa membeli dengan resep dokter. Mekanisme kerja ketoprofen adalah dengan menghambat produksi prostaglandin melalui jalur enzim siklooksigenase (COX) yang dapat menyebabkan radang dan nyeri pada tubuh.

 

  1. Obat Herbal Asam Urat
  2. Obat Asam Urat Tradisional dan Pantangannya.
  3. Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Total
  4. Obat Herbal Asam Urat dan Rematik
  5. Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik
  6. Obat Asam Urat Terampuh
  7. Cara Mengobati Asam Urat dengan Jahe
  8. Ciri-Ciri Asam Urat
  9. Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan

 

10 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *